Jurus PNM Mendorong Pemberdayaan Melalui Literasi Keuangan

Jurus PNM Mendorong Pemberdayaan Melalui Literasi Keuangan
February 6, 2024

propertyindonesia JAKARTA. Maraknya penyalahgunaan data yang dimaksud terjadi di tempat penduduk menimbulkan literasi keuangan menjadi salah satu ilmu yang digunakan sangat penting untuk terus ditingkatkan. Terutama untuk seluruh klien PNM yang setiap hari nya bersinggungan dengan kegiatan jual beli pada usahanya.

Kepala Sekretariat Perusahaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) L Dodot Patria Ary menyebutkan, PNM terus meningkatkan pemberdayaan untuk para pelaku usaha dengan tiga modal yang tersebut dimiliki PNM yakni, modal finansial, modal intelektual lalu modal sosial.

“PNM tiada belaka membantu para pelaku usaha pada hal pembiayaan melainkan juga memberikan pendampingan juga pelatihan terhadap para nasabah,” katanya terhadap Kontan, Selasa (23/1).

Kata dia, PNM secara rutin melakukan pertemuan dengan seluruh pelanggan di rangka memberikan edukasi literasi digital.

“Secara rutin setiap 1 minggu sekali seluruh klien PNM bertemu dengan account officer (AO) PNM selain untuk kegiatan penagihan, para klien juga diberikan pelajaran mengenai literasi digital,” lanjutnya.

Selain itu, pada rangka merangkul perubahan digital juga literasi keuangan. PNM juga berinisiasi untuk membentuk Desa Binaan yaitu “Kampung Madani”.

Asal tahu saja, kampung Madani, yakni kawasan berbasis desa yang mana mami berikan infrastruktur infrastruktur, pelatihan, kemudian investasi gotong royong untuk menciptakan desa yang mana tangguh, mandiri, dan juga sejahtera.

Terciptanya kampung madani itu sebagai terobosan  untuk mengembangkan peluang pertanian, ekonomi, pendidkan juga sosial kemasyarakatan.

“Program ini dirancang agar penduduk dapat mengembangkan prospek pertanian, ekonomi, pendidikan, maupun sosial kemasyarakatan. Dalam Kampung Madani pelatihan yang digunakan diadakan juga rutin bertajuk digitalisasi,” ujar dia.

Dodot juga membeberkan bahwa sebanyak 1.700 klien di tempat 12 titik Kampung Madani untuk diberikan pencairan secara non-tunai sembari melakukan pelatihan literasi digital. Berikut daftarnya:

Kampung Madani Desa Negeri Katon – Lampung; Kampung Madani Desa Cinta Rakyat – Kabanjahe; Kampung Madani Desa Waru – Balikpapan; Kampung Madani Desa Koronua – Kendari; Kampung Madani Desa Tambalang – Blitar; Kampung Madani Desa Kopeng – Semarang; Kampung Madani Desa Guntur – Wonogiri; Kampung Madani Terusan – Pontianak; Kampung Madani Cibodas – Cimahi; Kampung Madani Desa Tumpuk – Pacitan; Kampung Madani Desa Papayan – Tasikmalaya; Kampung Madani Desa Kwala Besar – Medan.



Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *