LPS Sorot Tabungan Simbol Rupiah 5 M Menyusut, Ini adalah Penyebabnya

LPS Sorot Tabungan Simbol Rupiah 5 M Menyusut, Hal ini adalah Penyebabnya
January 30, 2024

propertyindonesia

Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan, tabungan dana pengguna orang kaya atau yang senilai Rupiah 5 miliar mengalami penurunan. Sementara, tabungan dana pelanggan dengan nominal rendah mengalami peningkatan.

“Dari akhir tahun lalu sampai sekarang turun terus, akhir tahun lalu lalu 14-15% sekarang sampai 3,51%,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa pada konferensi pers di area kantornya, Selasa (30/1/2024).

Purbaya menduga, penurunan dana pelanggan di area melawan Rupiah 5 miliar yang disebutkan sebagian besar merupakan korporasi. “Dugaan kami ini korporasi. Kelihatannya. Kita juga takut apa ini tandanya merek nggak punya duit,” ungkapnya.

Menurutnya, korporasi pada waktu ini cenderung mengutamakan pengaplikasian dana internal terlebih dahulu dibandingkan mengambil kredit perbankan. “Mereka beralih pakai uang sendiri untuk usahanya dibandingkan pinjam di area bank aplagi dolar. Jadi perkembangan yang mana sekarang di dalam 3,51% di area bawah rata-rata semua. Tapi belum tentu menandakan hal yang tersebut negatif,” sebutnya.

Adapun survei Bank Indonesia (BI) mendapati bahwa pembiayaan korporasi pada Desember 2023 terindikasi meningkat. Hal yang disebutkan tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 18,4%, meningkat dibandingkan SBT 14,9% pada November 2023.

Namun begitu, mayoritas sumber pembiayaan korporasi masih berasal dari dana sendiri sebesar 68,1%. Jumlah itu bahkan meningkat dari bulan November yang mana sebesar 63,9%.

Menurut Survei BI, mayoritas alasan dari pemenuhan sumber pembiayaan itu lantaran kemudahan juga kecepatan perolehan dana (81,5%). Alasan selanjutnya adalah biaya (suku bunga yang mana lebih banyak murah) sebelas 11,8%. Alasan yang disebutkan meningkat dari sebulan sebelumnya yang mana belaka 11,2%.

Diikuti pemanfaatan sarana kelonggaran tarik sebesar 9,2%, kemudian pembiayaan dari perbankan pada negeri sebesar 7,6% pada Desember 2023. Keduanya juga meningkat dibandingkan dengan sebulan sebelumnya.

Artikel Selanjutnya Setiap Juli 2023, Bank RI Simpan Dana Nasabah Mata Uang Rupiah 8.106 T

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *