Pesawat tipe Twin Otter melayani penerbangan perintis di dalam Gorontalo

Pesawat tipe Twin Otter melayani penerbangan perintis di dalam di Gorontalo
February 4, 2024

propertyindonesia Penerbangan subsidi ini ditargetkan pada satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang.

Gorontalo – Pesawat tipe Twin Otter DHC 6-300 berkapasitas 19 orang akan melayani rakyat Provinsi Gorontalo dengan rute Bandar Udara Bebas (Bandara) Djalaluddin Gorontalo ke Wilayah Pohuwato.

Petugas Pelayanan serta Pengoperasian Bandar Udara Bebas Djalaluddin Forres Komboy di tempat Gorontalo, Minggu, mengungkapkan pesawat yang disebutkan akan melayani total sembilan rute penerbangan perintis yang dimaksud perdana hadir di area Provinsi Gorontalo.

Ia menyatakan penerbangan ini spesifik untuk penyelenggaraan angkutan udara subsidi yang digunakan ditujukan untuk pergerakan orang (penumpang).

"Penerbangan subsidi ini ditargetkan di satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang," katanya pula.

Terkait tarif, kata Forres, telah dilakukan ditetapkan oleh Direktorat Perhubungan Udara.

"Jadi kami semata-mata menambahkan seperti biaya pajak bandara (airport tax)," katanya pula.

Ia menjelaskan tarif pesawat dari Djalaluddin yang dimaksud merupakan bandara kelas satu, tentu akan lebih banyak mahal dari Pohuwato yang tersebut satuan pelayanannya baru kelas tiga.

Dia menggambarkan penerbangan dari Djalaluddin Gorontalo ke Pohuwato tarifnya Rp244.370. Sedangkan dari Pohuwato ke Gorontalo Rp205.370.

Tarif penerbangan perintis yang dimaksud berdasarkan rute, seperti dari Manado Sam Ratulangi ke Siau tarifnya Rp361.310. Siau ke Naha Rp207.590, juga Naha ke Miangas Rp382.420, sedangkan dari Miangas ke Melonguane Rp340.790.

Jika akan menempuh perjalanan dari Manado hingga Melonguane, penumpang membayar tarif di dalam setiap bandara. "Jadi keseluruhan tarif itulah yang dimaksud nantinya akan dibayarkan penumpang," katanya lagi.

Namun, mengingat ini merupakan penerbangan bersubsidi, jadi bukan sanggup secara langsung dari satu bandara yang mana besar ke bandara yang dimaksud lain. Misalnya dari Gorontalo secara langsung ke Manado.

"Penumpang dari Gorontalo yang tersebut akan ke Manado, harus singgah dulu ke bandara Lolak Bolaang Mongondow, kemudian ke Manado. Tarifnya pun berlaku per bandara," kata Forres.

Tarif Gorontalo ke Lolak Bolaang Mongondow Rp263.240, Gorontalo ke Manado Rp521.890, Manado ke Gorontalo Rp570.010.

Sedangkan rute ke wilayah Sulawesi Tengah yaitu Gorontalo ke Buol Rp297.650, Buol ke Gorontalo Rp263.650, Pohuwato ke Palu Rp479.540, dan juga Palu ke Pohuwato Rp519.540.

"Kami tunggu peresmian layanan penerbangan perintis dengan operator PT Semuwa Aviasi Mandiri (Sam Air) yang digunakan direncanakan melayani rakyat pada bulan Februari Tahun 2024 atau pasca-pemilu," katanya pula.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *