Prabowo Belum Jadi Presiden, Bappenas sudah ada Hitung Anggaran Makan Siang Gratis

March 8, 2024

propertyindonesia JakartaStaf Ahli Lingkup Pembangunan Bidang Unggulan serta Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Leonardo A. A. Teguh Sambodo, menyampaikan bahwa anggaran makan siang gratis telah dilakukan dibahas di dalam lingkungan lembaganya. Anggaran inisiatif unggulan yang mana diusung capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, itu pun sudah dihitung. 

“Menghitung (anggaran) sudah. Ada direktorat yang mana sudah ada menghitung berapa permintaan APBN-nya,” kata Leonardo pada waktu ditemui Tempo di tempat Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

Leonardo menjelaskan bahwa makan siang gratis ini ditujukan untuk memenuhi nutrisi anak-anak yang tersebut bersekolah. Tak semata-mata itu, acara ini dapat memicu pertanian tambahan produktif sebab dapat menyuplai sumber pangan lebih lanjut baik. 

Lebih lanjut, Leonardo menyampaikan bahwa penganggaran kegiatan makan siang gratis ini masih di kajian. “Kami sedang mengerjakan yang dimaksud detail-detailnya ini ya, masih menyusul,” ujarnya. 

Sebelumnya, Deputi Lingkup Kesepahaman Pangan juga Agribisnis Kementerian Koordinator Area Perekonomian atau Kemenko Perekonomian Dida Gardera mengumumkan pendanaan acara makan siang gratis yang mana diusung Prabowo-Gibran, sedang pada tahap kajian.

Proses itu, kata Dida, merupakan bagian dari transisi pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke pemerintahan Capres terpilih.

Dida menjelaskan makan siang gratis tidak satu-satunya isu yang mana dibahas. Sejumlah isu penting lain, sambung Dida, juga tak luput dari pengkajian. Hasil penghitungan pendapat sementara, ada kemungkinan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih kemenangan pemilihan presiden. Meski begitu penghitungan pengumuman masih berlangsung lalu juga ada sebagian gugatan terkait dugaan pelanggaran pemilihan umum.

“Kalau itu kan masih pada tahap kajian. Tapi itu terus-menerus jadi hal-hal, bukanlah semata-mata makan siang gratis. Tapi setiap tahun, ada isu apa pun tetap memperlihatkan jadi pertimbangan pada mengalokasikan anggaran,” kata Dida ketika ditemui di tempat Graha Sawala, Kemenko Perekonomian, Rabu, 6 Maret 2024.

Pilihan Editor: Jokowi Ternyata Berikan Akses Luas ke Bahlil untuk Kelola Perizinan Tambang


Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *