Kemenhub segera revitalisasi Terminal Cicaheum Bandung

Kemenhub segera revitalisasi Terminal Cicaheum Bandung
February 4, 2024

propertyindonesia Ibukota Indonesia – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah segera merevitalisasi Terminal Tipe A Cicaheum, Perkotaan Bandung, Jawa Barat (Jabar) setelahnya proses serah terima aset dari pemerintah wilayah (pemda) selesai.

Diketahui, Menhub meninjau terminal yang dimaksud pada Minggu.

"Kita lihat kondisi Terminal Cicaheum Bandung ketika ini kurang representatif. Oleh karenanya, saya minta untuk Pemda Jabar untuk menyerahkan aset (Terminal Cicaheum) terhadap Kementerian Perhubungan agar kami segera merencanakan. Insya Allah, akhir tahun ini atau tahun depan akan mendirikan sejenis baiknya dengan Terminal Leuwipanjang," kata Menhub di keterangan yang tersebut diterima dalam Jakarta, Minggu.

Menhub menyatakan Presiden Joko Widodo sudah pernah menginstruksikan agar meninjau terminal-terminal bus yang digunakan dirasa kondisinya belum optimal serta perlu segera dilaksanakan revitalisasi, salah satunya Terminal Cicaheum.

Saat ini, Terminal Cicaheum sedang diadakan pengalihan aset dari Pemda Jabar untuk Kemenhub.

Menhub mengungkapkan pada waktu ini kondisi jalan pada Pusat Kota Bandung sangat macet sebab sejumlah publik yang tersebut menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, persepsi penduduk terhadap terminal yang mana kurang baik seperti kondisi yang kumuh lalu banyak preman.

"Karena itu, Pemda dan juga Dinas Perhubungan Pusat Kota Bandung harus proaktif menindaklanjuti inisiatif revitalisasi ini. Sebab apabila tidak, dana yang dimaksud sudah ada disiapkan tidak ada bisa jadi dimanfaatkan dengan baik," tutur Menhub.

Dengan dilaksanakan revitalisasi, terminal akan mempunyai pelayanan yang dimaksud lebih besar baik sehingga diharapkan warga mau datang ke terminal dan juga beralih menggunakan transportasi umum.

Lebih lanjut, kata Menhub, pemerintah mendapatkan bantuan dana dari World Bank untuk meningkatkan kualitas infrastruktur transportasi di tempat sebagian kota, di area antaranya Medan serta Bandung.

"Dengan adanya bantuan tersebut, kita memiliki ruang fiskal yang tersebut memadai. Kita juga akan mendapatkan bantuan 462 armada bus listrik dari World Bank," ungkapnya.

Menhub juga menuturkan dengan adanya inisiatif revitalisasi terminal di tempat Pusat Kota Bandung, paling tidak ada nantinya akan ada 20 rute yang tersebut melintas di dalam wilayah tersebut.

"Ini tentu akan menghurangi tingkat kemacetan di dalam Daerah Perkotaan Bandung," ujarnya.

Di Pusat Kota Bandung terdapat dua terminal tipe A yang digunakan melayani angkutan antarkota antarprovinsi, yaitu Terminal Leuwipanjang, Pusat Kota Bandung kemudian Terminal Cicaheum. Terminal Leuwipanjang melayani rute dari Bandung dan juga ke arah Barat seperti ke DKI Jakarta hingga Sumatera.

Sementara, Terminal Cicaheum melayani rute dari Bandung ke arah timur seperti ke Jawa Tengah lalu Jawa Timur.

Untuk diketahui, anggaran untuk peningkatan kualitas layanan transportasi di tempat Bandung Raya sebesar Rp1,3 triliun. Anggaran yang disebutkan tidaklah cuma untuk sarana transportasi saja, melainkan juga untuk pembangunan infrastruktur seperti halte dan juga jalur khusus sepanjang kurang lebih besar 20 kilometer (km).

Dalam kesempatan tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan Perkotaan Bandung Ricky Gustiadi menyambut baik kegiatan revitalisasi yang mana dilaksanakan pemerintah pusat.

"Kami mengucapkan terima kasih lantaran yang digunakan terpenting buat kami publik Pusat Kota Bandung terlayani dengan baik, dengan adanya fungsi terminal tipe A yang lebih besar baik seperti Leuwipanjang," kata Ricky.

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *