Sejumlah Lembaga Keuangan Optimistis NPL KPR Dapat Terjaga di tempat Tahun Politik 2024

Sejumlah Lembaga Keuangan Optimistis NPL KPR Dapat Terjaga di dalam tempat Tahun Politik 2024
February 6, 2024

propertyindonesia . Laju peningkatan kredit properti yang digunakan melambat pada 2023 menyebabkan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) properti terlibat naik.

Jika dilihat dari data Bank Indonesia, kedudukan NPL properti per Desember 2023 ada pada level 2,47%. Letak yang disebutkan meningkat dari periode mirip tahun sebelumnya yang mana sebesar 2,26%, tetapi mengalami perbaikan dari bulan sebelumnya yang digunakan berada pada level 2,59%.

Bila dirinci, NPL kredit properti paling tinggi disumbang kredit pemilikan ruko/rukan sebesar 4,16%. Sementara untuk kredit pemilikan rumah (KPR) rumah tapak masih terjaga di area level 2,40%. Kendati meningkat dari periode setahun sebelumnya sebesar 2,02%.

Walau demikian, beberapa orang perbankan mengaku rasio NPL KPR masih sanggup terjaga di area kedudukan yang dimaksud sehat. Misalnya sebagai Bank yang miliki core business perumahan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), hingga akhir tahun 2023 mencatatkan NPL KPR BTN berada sekitar 1,7%.

Corporate Secretary PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Ramon Armando mengaku, rasio NPL khususnya pada segmen KPR menunjukan tren perbaikan di dalam setiap tahunnya.

Hal ini menunjukkan bahwa pihaknya selalu melakukan upaya-upaya penyelamatan serta penyelesaian kredit agar miliki kualitas aset yang baik.

Di sisi lain, memasuki tahun urusan politik Ramon menerangkan, bahwa keinginan rumah tiada akan terpengaruh tahun politik, akibat rumah merupakan permintaan primer, sehingga rakyat akan mendahulukan kepentingan mencicil rumah dibandingkan kepentingan sekunder lainnya.

“Untuk awal tahun ini kami meninjau belum ada NPL yang digunakan siginifikan, tapi kami berharap ada penurunan dengan berbagai upaya yang tersebut BTN lakukan pada penurunan NPL,” ujar Ramon terhadap kontan.co.id, Mulai Pekan (5/2).

Meski masih dibayang-bayangi tantangan ekonomi, pihaknya berharap hingga akhir tahun nomor NPL KPR mampu pihaknya tekan lalu dijaga di tempat bawah 2% dengan menerapkan strategi pelanggan aset-aset bermasalah secara bulk untuk para investor.



Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *